Inilah Proses dari Program Bayi Tabung

Apakah Anda dan pasangan Anda sudah lama ingin segera mempunyai buah hati? Sudah berbagai program kehamilan Anda lakukan sesuai dengan saran dokter. Tetapi, hingga sekarang ini belum membuahkan hasil. Anda dan pasangan tidak perlu berkecil hati, karena masih ada program akhir yang belum Anda lakukan. Yakni program bayi tabung atau inseminasi buatan ini dapat menjadi salah satu program kehamilan yang dapat Anda dan pasangan tempuh.

Namun, Anda perlu tahu bagaimana proses dari program bayi tabung ini. Simak penjelasan proses program bayi tabung di bawah ini!

1. Stimulasi ovarium

Tujuan utama dari stimulasi ini yaitu agar bisa meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi oleh ovarium. Semakin banyak sel telur yang dapat diambil dan dibuahi selama proses bayi tabung, maka akan semakin besar juga kesempatan terjadinya sebuah kehamilan.

Selama tahap stimulasi ovarium ini, Anda akan diberikan obat kesuburan agar bisa membantu dalam meningkatkan produksi sel telur. Selain itu, dokter juga akan bekerja untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan folikel dalam beberapa hari dengan melakukan sejumlah USG dan tes darah agar bisa memantau perkembangan telur dalam ovarium dan dapat mengetahui kadar hormon.

2. Pematangan oosit (sel telur dalam ovarium)

Sebelum sel telur akan diambil dan dipindahkan pada rahim Anda, maka telur harus sudah menyelesaikan pertumbuhan dan perkembangannya terlebih dulu. Agar bisa memicu pematangan oosit tersebut, Anda akan diberi suntikan human chorionic gonadotropin atau hCG oleh dokter guna pematangan telurnya tetap maksimal.

Suntikan hormon yang satu ini akan dilakukan satu kali saja dan wajib dilakukan pada waktu yang tepat. Sebab apabila dilakukan terlalu dini, maka telur bisa menjadi tidak cukup matang. Tetapi, kalau suntikan dilakukan terlalu lama, maka telur pun malah akan menjadi terlalu tua dan tidak dapat berbuah dengan baik.

Agar bisa melihat kapan waktu yang tepat dalam melakukan suntikan ini, maka perlu melakukan ultrasound kembali.

3. Pengambilan sel telur (ovum retrieval)

Pengambilan telur baru dapat dilakukan sekitar 34-36 jam setelah Anda menerima suntikan hCG. Supaya tidak merasakan sakit ketika pengambilan telur, maka Anda akan dianestesi terlebih dulu.

Lalu, USG transvaginal akan dilakukan untuk memandu dokter dalam pengambilan telur Anda. Pengambilan telur tersebut dilakukan menggunakan jarum yang bisa menghisap folikel dalam ovarium Anda. Nah nantinya, hanya akan ada satu oosit atau telur pada satu folikel yang diambil dari ovarium tersebut. Oosit ini kemudian akan dibawa ke laboratorium embriologi agar bisa dilakukan pembuahan.

4. Pembuahan telur

Kalau sebelumnya telur atau folikel dipilih yang paling terbaik, maka langkah selanjutnya akan dilakukan sebuah pembuahan atau inseminasi. Inseminasi adalah saat dimana sperma diperkenalkan dengan telur, kemudian hasil dari gabungan tersebut akan dimasukkan ke dalam ruangan yang khusus.

Biasanya dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam telah terjadi pembuahan antara sperma dengan telur. Tetapi, kalau suami yang mengalami masalah ketidaksuburan atau yang memiliki kualitas sperma rendah, maka sperma harus disuntikkan langsung ke masing-masing telur yang matang. Teknik ini disebut juga dengan intra-cytoplasmic sperm injection atau ICSI.

5. Pemindahan telur yang sudah dibuahi

Beberapa hari sebelum melakukan langkah pemindahan embrio, Anda akan diberikan obat hormon progesteron agar bisa membantu mempersiapkan dinding rahim Anda untuk menerima embrio. Setelah telur sudah dibuahi, maka telur disimpan selama 3 hingga 5 hari pada tempat khusus sebelum dipindahkan lagi ke rahim Anda.

Pemindahan telur yang telah dibuahi (embrio) biasanya akan dilakukan pada hari kelima setelah melakukan pembuahan, dimana embrio telah berada pada fase blastosit. Embrio pada fase blastosit ini biasanya sudah mampu menempel dengan baik pada rahim Anda.

Nah, itulah proses program bayi tabung yang perlu untuk Anda ketahui, dan tentunya program bayi tabung ini dapat Anda coba.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *