Menu Sarapan Praktis untuk Anak Agar Semangat Bersekolah

Sarapan merupakan hal yang sangat penting bagi anak terutama masih usia sekolah agar bisa menjadikannya energi di pagi hari sebelum melakukan aktivitas belajar. Anak yang sudah terbiasa sarapan di pagi hari akan bisa berkonsentrasi dan menerima pelajaran dengan baik. Maka biasakan untuk anak supaya selalu sarapan sebelum berangkat sekolah. Anda bisa mencoba menu sarapan praktis untuk anak agar tidak melewatkan sarapan.

1. Pancake dengan topping es krim

Kalau anak tidak terbiasa makan nasi untuk sarapan, maka Anda bisa mencoba memberikan menu pancake dengan topping ice cream yang akan disukai oleh anak Anda. Anda bisa menambahkan selai atau potongan buah yang akan menjadi kesukaan anak. Karbohidrat dari tepung yang akan menjadi bahan pokok pembuatan pancake ini bisa memberikan energi lebih untuk anak dan cukup agar bisa menggantikan peran nasi sebagai sumber karbohidrat terbesar.

2. Roti panggang dengan telur mata sapi dan olahan sayuran

Roti panggang dapat menjadi pilihan, apabila anak Anda tidak suka sarapan dengan nasi. Anda bisa menyajikan roti panggang bersama dengan telur mata sapi serta sayuran yang bisa diolah dengan dikukus atau dapat menjadi salad. Anda bisa tambahkan beberapa irisan sosis atau daging panggang supaya bisa memberikan protein tambahan untuk anak Anda.

Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam roti, protein dari telur dan potongan daging panggang serta vitamin dari sayuran bisa membantu melengkapi gizi anak untuk mengawali harinya. Ini juga dapat menjadi pilihan tepat apabila bangun kesiangan dan tidak sempat membuat sarapan di pagi hari.

3. Nasi goreng lengkap dengan sayur dan daging

Kalau biasanya nasi goreng dimasak biasa, Anda bisa menambahkan sayuran dan potongan sosis ke dalam nasi goreng. Nasi goreng pada umumnya akan lebih disukai oleh anak dibandingkan dengan nasi putih biasa terlebih kalau ada tambahan potongan daging yang disukai anak. Anda bisa menyajikannya bersama dengan jus buah yang segar agar bisa memberikan energi lebih bagi anak.

4. Omelette dengan isian sesuai selera

Omelette bisa menjadi masakan yang paling mudah untuk dibuat karena hanya perlu memasak dan mengocok telur saja dengan garam dan lada sebagai bumbunya. Anda bisa mengolahnya dengan tambahan sayuran hijau seperti bayam atau potongan daging serta lengkapi juga dengan sosis untuk memberikan hal yang berbeda.

Anda bisa juga membuatnya menjadi pizza omelette yang lengkap yang disertai dengan potongan sosis dan paprika yang segar. Anak dapat makan omelette ini dengan nasi ataupun tanpa nasi sesuai dengan selera anak.

5. Milkshake buah

Jika anak Anda tidak ada waktu sarapan pagi, maka Anda bisa membuatkan milkshake buah yang segar agar bisa memberikan energi di pagi hari. Kandungan vitamin pada buah dan kalsium yang terdapat pada susu akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Anda bisa juga menambahkan satu cup ice cream agar bisa pemanis dan pelengkap. Pilihlah buah yang disukai dengan anak seperti buah stroberi atau melon yang segar.

6. Olahan mi dengan tambahan sayur dan daging

Mi juga dapat menjadi alternatif pilihan kalau anak tidak menyukai sarapan dengan nasi. Mi terbuat dari tepung dengan berbagai jenis yang dapat menggantikan fungsi karbohidrat dari nasi sehingga anak Anda akan tetap kenyang meski tanpa makan nasi.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan beberapa potongan daging ayam atau sapi sesuai dengan selera agar bisa menambah citarasa. Mi dapat disajikan berkuah ataupun kering, tapi Anda jangan terlalu sering ya. Karena mi ini sulit untuk dicerna lambung sehingga bisa menghambat proses pencernaan anak.

Nah, itulah menu sarapan praktis untuk anak yang bisa Anda sajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *