Makanan Penambah Darah

Di dalam tubuh tentu harus dibutuhkan zat besi. Zat tersebut berfungsi buat memproduksi sel-sel darah, terutama darah merah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber makanan penambah darah yaitu berasal dari daging. Hanya saja, buat orang-orang yang sedang diet makanan itu merupakan musuh utama dan sering banget dijauhi.

Nggak heran orang pusing-pusing mencari alternatif makanan lainnya yang bisa menggantikan daging buat diet sehatnya. Tapi tenang saja, ada makanan lainnya kok yang bisa menambah darah sekaligus menjadi menu diet sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Apa saja itu? Lihat dulu nih beberapa menunya di bawah ini.

Brokoli dan Tomat Segar

Siapa pun pasti tahu kalau brokoli punya kadar zat besi yang sangat banyak. Sedangkan tomat kaya akan vitamin C yang nggak kalah tingginya dengan buah jeruk. Dari kandungan nutrisi keduanya, tentu saja bisa menjadi kombinasi yang sempurna sebagai makanan penambah darah sehari-hari kamu yang sehat.

Nggak hanya sehat, kedua makanan gampang banget kamu jadikan masakan apa pun yang lezat. Mulai dari kamu menumisnya dengan ikan tuna, dilengkapi dengan ayam, atau dijadikan salad.

Bayam dan Paprika Merah

Nggak usah dipungkiri lagi deh kalau bayam memang menjadi salah satu makanan penambah darah yang nggak boleh kamu lewatkan. Di dalam sayur bayam, terdapat zat besi yang kadarnya sangat banyak. Begitu juga dengan paprika merah yang ternyata kaya akan vitamin C. Kamu yang nggak suka daging, kedua kombinasi makanan ini bisa sangat membantu kamu juga dalam menambah darah.

Biasanya orang-orang yang mengidap anemia juga banyak mengkonsumsi keduanya karena ada zat-zat lainnya yang bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Agar rasanya nggak kalah lezat dari masakan lainnya, coba deh kamu menumisnya dengan dicampurkan bawang putih secukupnya, cabe merah, ditambah dengan minyak zaitun dan garam.

Cokelat Hitam dan Stroberi

Kamu suka cokelat? Berarti tubuh kamu sudah mendapatkan asupan gizi yang cukup lengkap karena di dalam cokelat sendiri kaya akan kandungan yang sehat buat menambah darah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ahli kesehatan juga sudah membuktikannya kalau cokelat memang makanan yang punya banyak kandungan zat besi.

Sedangkan stroberi, juga nggak kalah bermanfaatnya karena kaya akan vitamin C serta berbagai macam vitamin lainnya. Kamu yang mau melakukan diet sehat, coba kamu buat cemilan sehat dengan mengkonsumsi stroberi secara rutin saat sarapan atau menambahkan cokelat hitam sebagai pelengkap menu sarapanmu.

Sudah nggak bingung lagi kan mencari makanan penambah darah yang pas buat menu diet? Kamu yang mau diet jangan asal diet saja karena kamu juga harus memperhatikan kadar zat besimu. Kekurangan zat besi tentunya akan membuat tubuh lemas, apalagi sistem kekebalan tubuhmu semakin terganggu.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *